Sabtu, 21 Januari 2012

"Polri mendapatkan HIbah Kapal Tipe C dari Australia"



Tiga kapal hibah AFP tersebut adalah Kapal Pol Gagak-017, Kapal Pol Sikatan-018, dan Kapal Pol Pelatuk-019. Kapal tersebut adalah tipe C atau berukuran kecil. Berukuran panjang 16 meter kapal-kapal ini memiliki kecepatan 30 knot dengan daya jelajah 400 nm (not mile). Kapal yang punya 2 unit mesin pokok ini mempunyai awak 6 orang anak buah kapal.

AUSTRALIA memberikan hibah 3 kapal tipe c untuk kepolisian Replubik Indonesia. Ketiga kapal yang terdiri dari 017 Kp Gagak, 018 Kp Sikatan, dan 019 Kp Pelatuk diberikan dalam upaya melengkapi armada kapal type c yang dimiliki Polri. Dengan hibah tiga kapal tersebut berarti Polri memiliki kapal type sebanyak 647 kapal. Selain hibah kapal itu, Polri juga meresmikan pengoperasian Kapal Abimanyu dengan nomor lambung 514 yang merupakan kapal tipe A. 
Kepala Polisi Replubik Indonesia, Jenderal Timur Pradopo mengatakan, ketiga kapal bantuan dari Australia ini merupakan hibah murni dan tidak berkaitan dengan apapun kecuali semangat kerjasama menangani kejahatan di laut yang berkaitan dengan masalah narkotika, terorisme penyelundupan orang, dan perdagangan manusia serta lainnya. 

Lebih lanjut, Timur menjelaskan bahwa ketiga kapal hibah ini nantinya akan memperkuat armada yang sudah. "Kami masih membutuhkan masih banyak lagi kapal-kapal seperti ini untuk bertanggungjawab terhadap 12 mil perairan Indonesia. Kapal ini sangat efisien,cepat, dan memiliki mobilitas tinggi," ucapnya. 

Sementara itu, Menteri dalam negeri Australia, Brandon O Connor, mengatakan pemberian ini dikarenakan pihaknya mempunyai dasar pemberantasan kejahatan lintas negara seperti narkotika, penyelundupan manusia, perdagangan jadi kapal ini sangat membantu dalam kerjasama yang dilakukan Indonesia dan Australia.

Dilanjutkan Brandon, Australia memandang bantuan ini sebagai upaya menambah kinerja polisi Indonesia yang sudah bekerja dengan baik, khususnya dalam memerangi kejahatan-kejahatan lintas negara di perbatasan antara Indonesia dan Australia.

Kepala divisi Humas Inspektur Jendral Saud Usman Nasution menambahkan selain 3 kapal tersebut, pihaknya pun meresmikan kapal Abimanyu yang dibuat dengan menggunakan anggaran polri tahun 2010 senilai 48 M, dan dibangun oleh PT Duma Tanjung Perak Surabaya. Kapal ini memiliki panjang 49,5 meter, lebar 45,38 meter dan tinggi 4,80 meter."Kapal ini dikerjakan setahun yang lalu dan hari ini sebagai peresmian penggunaannya. Kapal ini mampu mengangkut 128 penumpang dengan kecepatan 15 knot," imbuhnya.

Dikatakan Saud, saat ini  kepolisian air RI memiliki 11 unit Type A, 32 unit type B, dan 647 unit type C, sedangkan untuk hasil kinerja polisi air, di tahun 2010 telah menangani 442 kasus, di tahun 2011 telah menargetkan 435 kasus, dan telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp 155.250.000.000. "Kami akan terus mengupayakan kinerja maksimal dari kepolisian air baharkam Polri untuk memberantas kejahatan yang dilakukan di perairan," tukasnya.(ical)



http://nasional.vivanews.com/news/read/269960-polri-terima-3-kapal-canggih-dari-australia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar