Minggu, 01 Januari 2012

Iran Sukses Uji Bahan Bakar Nuklir Batangan

VIVAnews - Iran dilaporkan berhasil membuat dan menguji coba bahan bakar nuklir batangan, buatan dalam negeri mereka. Bahan bakar uranaium batangan telah berhasil dites dan dipasang pada reaktor pusat penelitian di Teheran. Demikian ditulis kantor berita Fars sebagaimana dilansir CNN.

Bahan bakar batangan merupakan kumpulan bahan bakar yang diperkaya dengan uranium yang dibundel bersama pada inti reaktor nuklir. Pengumuman pada hari Minggu itu menunjukkan semakin berkembangnya program nuklir dalam negeri Iran, di tengah kekhawatiran Barat yang curiga Iran akan menggunakan kemampuannya untuk pengembangan senjata nuklir.

Pada Januari 2008, Fars melaporkan Iran telah mampu menghasilkan semua keperluan untuk proses pembuatan bahan bakar nuklir. Namun, saat itu belum jelas bahwa Teheran telah memiliki teknologi memperkaya uranium menjadi bahan bakar batangan.

Iran berulang kali bersikeras menyatakan program nuklirnya hanya digunakan untuk perdamaian, hanya untuk tujuan memenuhi energi sipil. Namun mereka juga berulang kali menolak untuk menghentikan pengayaan uranium, dan pada laporan pada 8 November tahun lalu pengawas PBB menemukan informasi yang diklaim 'kredibel' bahwa Teheran telah mengembangkan kemampuan nuklirnya untuk membuat senjata --termasuk uji coba komponen senjata.

Setelah laporan itu, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengeluarkan resolusi yang menyatakan keprihatinan dan meningkatkan perhatian mereka terhadap isu nuklir Iran yang tak kunjung terselesaikan.

Atas resolusi itu, Iran merespons laporan IAEA dengan mengundangnya ke pabrik nuklir mereka untuk membuktikan tudingan Amerika Serikat yang menyatakan Iran telah meningkatkan kemampuan nuklirnya untuk membuat bom.

"Kami tidak akan pernah menghentikan pengayaan uranium kami," kata perwakilan Iran di IAEA, Ali Saghar pada November lalu.

Pada Desember, Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya mengumumkan peningkatan sanksi untuk Iran dengan tujuan menekan Iran agar menghentikan upaya pengayaan uranium mereka. (eh)
http://dunia.vivanews.com/news/read/276550-iran-sukses-uji-bahan-bakar-nuklir-batangan?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar