Minggu, 08 Januari 2012

'MOBIL KIAT ESMEKA DI POPULERKAN OLEH JOKO W"






Mobil Kiat Esemka  harga  Rp 75 juta off road, kalau on road plus 10 persen untuk melengkapi surat-surat kendaraanya seperti STNK, BPKB dan nopol (Martono, 2012).

Komponen Mobil ini:
1.  20  %  diimpor dari China, yaitu cincin torax, katup dan mesin injection-nya.

 2.  80 %  dari dalam negeri  seperti mesin, body, interior, chasis, dashboard, ban dan velg murni buatan lokal ada yang dibuat sendiri dan ada yang dibeli. Tapi mesin-mesin mobil mulai dari pencetakan, sistem mesin hingga paking yang buat kita. Mesin yang buat ini bertype  twincam varian Sport Utility Vehicle (SUV) dengan kapasitas 1.500 cc  empat silinder plus sistem bahan bakar multi point injection.

Mesin Kiat Esmeka Mesin 1.500 cc Mirip Timor, tapi bukan mesin Timor,Perbedaan yang mencolok              antara lain di piston. Piston di mesin Esemka lebih besar dari Timor. Kiat Esemka SUV dan dobel                      kabin  membuat sendiri mesin mobil.

Mesin Esmeka yang dipamerkan ada 3  antara lain:

pertama mesin dasar yang hanya terdiri dari blok mesin serta piston. Blok mesin itu dibuat di Ceper, Klaten. "Kalau piston di Cikampek, di AIK (autocar industri komponen).

Kedua yang sudah dilengkapi charter, yang juga dibuat di Ceper. Fungsi charter untuk tempat oli mesin.

Mesin ketiga yang sudah lengkap, sudah ada silinder head, fly will, atau roda gaya, kelengkapan untuk timing belt dan timing gear, saluran masuk udara dan bahan bakar, nozzle inferter, dan sebagainya. Di blok mesin sudah tertulis merek Esemka 1.5i dan DOHC.




SPESIFIKASI MESIN:

Mesin lainnya mesin menghasilkan tenaga  105 horse power(hp) pada putaran 5.500 rpm dengan torsi puncak 145 Nm di 4.100 rpm. Daya angkut mobil 7 orang dengan panjang monil  5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm. Fitur elektronik mobil power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parking, hingga head unit CD player.

Setiap SMK terdiri dari 10 siswa dan 6 guru pembimbing. Setiap asembling di SMK masing-masing, tapi perakitan di Solo Technocar. Untuk memperdalam ilmu mesin dan chasis siswa-siswa menimba ilmunya di Autocar, untuk memperdalam ilmu body di Kiat Motor. (Sumber Tempo).


Mobil ini dipopulirkan oleh Joko W, Walikota Surakarta, sebagai mobil Dinas.

Komentar: saat di Esmeka dipajang di rumah dinas Walikota Solo; yaitu seorang penggemar otomotif, Jacky Farel, memberi komentar. "Menurut saya, mesin yang dibuat siswa SMK meniru mesin mobil lain seperti dari Jepang atau Korea. Lantas dibikin ulang. tanggal 8 Januari 2012.



gambar  SMK 2
Siswa kelas XII Otomotif F Sekolah Menengah Kejuruan Warga Surakarta, sedang merakit mobil Kiat Esmeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar